Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Token Listrik, Agar Tak Bingung Ketika Kehabisan

Cara Mengisi Token Listrik
credit photo: Freepik

Sebagai seorang ibu rumah tangga, tentunya kita harus tahu cara mengisi token listrik dengan benar. Hal ini bertujuan agar ketika token listrik di rumah hampir habis, kita dapat mengisi tanpa bantuan orang lain.

Saya memiliki teman, dimana dia adalah seorang ibu rumah tangga dengan suami yang sering dinas luar kota. Selama tinggal bersama orang tua, teman saya ini tidak terlalu mengurus mengenai keperluan rumah tangga dan operasionalnya, seperti membayar listrik, mengisi token listrik dan lain sebagainya. Semua urusan rumah tangga dilakukan oleh ayah dan ibunya.

Suatu ketika teman saya menikah dan mengharuskan dirinya dan suami mengontrak rumah yang tentu saja hanya mereka berdua yang tinggal di dalam rumah tesebut. Tentu saja teman saya sebagai ibu rumah tangga baru, memasrahkan segala operasional rumah kepada sang suami. Hingga tiba saatnya ketika kantor suami memberi kebijakan dimana sang suami harus sering melakukan perjalanan ke luar kota.

Alhasil, teman saya pun mulai belajar berbagai kemampuan dalam operasional di rumah, seperti mengganti tabung gas, mengangkat galon hingga mengisi token listrik. Sebagai perempuan yang dulunya selalu diurus oleh kedua orang tua, teman saya mau tidak mau harus beradaptasi dengan semua hal, termasuk bagaimana cara mengisi token listrik yang aman dan benar. 

Sebab ketika kita salah memasukkan angka ke dalam meteran listrik, otomatis token tidak akan terisi. Jika angka pada token listrik tidak bertambah, lalu bagaimana kita melakukan segala jenis pekerjaan rumah tangga yang membutuhkan listrik? Tentu akan sangat menghambat bukan!

Ketika ingin melakukan pengisian token listrik, ada 3 cara yang dapat digunakan antara lain:
  • Mengisi token listrik menggunakan aplikasi Link Aja
  • Mengisi token listrik menggunakan aplikasi PLN Mobile
  • Mengisi token listri dengan menggunakan pulsa
PLN sendiri tidak ingin mempersulit seluruh pelanggannya yang tersebar di Nusantara, sehingga berusaha memberikan layanan inovatif agar pelanggan PLN bisa mengisi token dimana saja, khususnya menggunakan layanan digital.

Dalam artikel ini, saya ingin memberikan salah satu tutorial bagaimana cara mengisi token listrik menggunakan aplikasi PLN Mobile.

Cara Mengisi Token Listrik Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Sebelum melakukan pengisian token listrik, pastikan terlebih dahulu Anda sudah menginstall aplikasi PLN Mobile di smartphone. PLN Mobile bisa diinstall melalui Play Store maupun App Store.

Berikut cara mengisi token listrik di Aplaikasi PLN Mobile:
  • Buka Aplikasi PLN Mobile 
  • Pilih menu Kelistrikan
  • Ketika ID pelanggan PLN yang tertera di meteran listrik rumah Anda
  • Pilih fitur Token dan Pembayaran
  • Pilih menu Beli Token
  • Piilh nominal token yang akan Anda beli lalu klik "beli"
  • Lanjutkan pembayaran token listrik
  • Jangan lupa untuk memilik metode pembayaran
  • Setelah terpilih metode Pembayaran, Anda bisa membayarnya terlebih dahulu
  • Setalah pembayaran terverisikasi, Anda bisa cek menu"Lihat Transaksi Saya"
  • Tak lama akan muncul 20 digit nomor token yang Anda butuhkan untuk mengisi token listrik di rumah
  • Jangan lupa untuk segera input 20 digit nomor token listrik ke dalam meteran di rumah Anda. Nomor token hanya berlaku untuk satu kali pengisian.
  • Tak lama setelah Anda berhasil memasukkan nomor token ke meteran listrik, maka angka di meteran akan bertambah. Anda pun sudah bisa melakukan kegiatan di dalam rumah yang memerlukan tenaga listrik dengan rasa aman dan nyaman.
Yang perlu diingat adalah, ketika memasukkan nomor token ke dalam meteran, Anda tak perlu buru-buru, karena bisa saja terjadi kesalahan dalam input angka. Seringkali kita merasa pengisian token gagal dikarenakan adanya erro, namun ternyata kesalahan ada pada diri kita sendiri, yaitu salah dalam memasukkan angka token.

Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Cara Mengisi Token Listrik, Agar Tak Bingung Ketika Kehabisan"