Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pengelolaan Kartu Kredit Agar Tidak Membebani Keuangan

Cara Pengelolaan Kartu Kredit
Credit Photo: Pixabay

Keuangan perlu untuk diatur dengan baik agar tidak menimbulkan masalah di masa depan. Cara pengaturan yang bisa dilakukan dengan beragam, seperti yang mempunyai kartu kredit maka perlu untuk dikelola dengan baik. 

Pengelolaan kartu kredit yang tepat akan membantu untuk membuat kepemilikan kartu kredit akan bermanfaat dan bukannya membuat masalah keuangan. 

Karena seperti yang telah diketahui, bahwa pengelolaan kartu kredit yang buruk bisa membuat tagihan kartu kredit yang tidak terbayarkan. Oleh karena itulah perlu untuk mengelola kartu kredit yang dimiliki dengan baik.

Cara Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Hal yang perlu dilakukan untuk mengelola kartu kredit yang dipunyai dengan baik adalah dengan menggunakannya secara bijak. Pemakaian kartu kredit perlu dikelola agar bisa membuat tagihan yang didapatkan tidak memberatkan. 

Dengan penggunaan yang bijak akan bisa untuk mengaturnya agar tidak melewati batas sehingga menciptakan masalah keuangan yang dapat terjadi. Cara untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak bisa mengikuti beberapa hal berikut ini:

1. Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah dengan tidak sampai limit yang dipunyai. Ketika memilih kartu kredit tentunya memilih limit yang dipunyai dengan besaran limit yang beragam bisa didapatkan. 

Akan tetapi perlu diperhatikan untuk penggunaannya yang tidak melebihi batas sehingga tidak mengganggu keuangan. 

Apabila mempunyai kartu kredit, usahakan untuk menggunakan 2/3 dari limit yang dipunyai. Sehingga misalnya ketika limit kartu kredit Anda sebanyak 15 juta, maka jangan menggunakannya hingga limit tersebut. 

Tetapi disarankan untuk limit yang digunakan maksimalnya hanya 2/3 saja yaitu sekitar 10 juta rupiah. Dengan mengatur pengeluaran 2/3 dari limit akan sangat membantu untuk bisa membuat kartu kredit tetap bisa digunakan karena pembayaran yang bisa didapatkan dengan tagihan yang tidak terlalu besar. 

2. Langkah selanjutnya untuk menggunakan kartu kredit secara bijak tentunya dengan tidak menggunakannya secara impulsif. Kartu kredit memberikan keuntungan dengan kemudahan yang bisa didapatkan ketika bertransaksi. 

Pastikan dengan keunggulan tersebut tidak menggunakannya secara berlebihan seperti digunakan untuk belanja secara impulsif. 

Walaupun banyak keuntungan yang didapatkan ketika belanja seperti cicilan 0%, cashback, dan juga mendapatkan reward yang dapat dikumpulkan dan ditukarkan. Akan tetapi penting untuk menggunakannya secara bijak yang dapat untuk menghindari tagihan kartu kredit yang membengkak.

3. Langkah yang terakhir untuk menggunakan kartu kredit sebagai langkah untuk mendapatkan transaksi yang menguntungkan. Jangan gunakan kemudahan kartu kredit untuk melakukan berbagai kebutuhan yang dipunyai. 

Seperti misalnya belanja bulanan yang akan lebih baik untuk menggunakan uang cash maupun kartu debit yang dipunyai, sehingga tidak akan menambahkan tagihan kartu kredit yang dibayarkan. Sebaiknya kartu kredit digunakan untuk kepentingan yang sifatnya mendesak dan bisa memberikan keuntungan. 

Kartu kredit bisa digunakan untuk pembelian barang yang diinginkan dengan harga yang relatif tinggi yang membantu untuk mendapatkan keuntungan pembayaran lebih mudah dengan cicilan. 

Selain itu kartu kredit juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil dana tunai ketika membutuhkannya dengan segera, sehingga lebih mudah untuk membantu mengatasi masalah keuangan yang dapat dialami.

Fitur yang Membantu Pengelolaan Kartu Kredit BCA

Penggunaan kartu kredit secara bijak juga bisa didapatkan dengan menggunakan fitur yang tersedia. Misalnya pembayaran otomatis yang membuat semua tagihan akan dibayarkan lebih mudah. 

Selain itu fitur terbaik untuk pengelolaan kartu kredit juga bisa didapatkan dengan memiliki kartu kredit dari bank BCA. Kartu kredit yang didapatkan dari bank BCA mempunyai keunggulan fitur untuk mengontrol penggunaannya. 

Sehingga dengan adanya fitur kontrol kartu kredit BCA akan bisa untuk membatasi semua transaksi yang akan dilakukan agar lebih sesuai dengan kemampuan dan juga mencegah untuk tagihan yang dapat membengkak dan diluar kemampuan keuangan yang dipunyai.

Cara pengaturan untuk kontrol kartu kredit agar bisa digunakan dengan lebih optimal dan juga bijak dapat dilakukan dengan mudah lewat tiga cara. 

Pertama dapat untuk menggunakan langkah pengelolaan dari mobile banking BCA, dapat lewat myBCA, dan terakhir dengan menghubungi Halo BCA. Contoh pengelolaan kartu kredit lewat BCA mobile yang bisa dilakukan adalah dengan:
  1. Login ke akun mobile banking BCA yang dipunyai dan memilih menu m-admin.
  2. Kemudian memilih menu kontrol kartu kredit dan mengaktifkan toggle.
  3. Lanjutkan langkah pengaturan dengan memasukkan PIN mobile banking BCA yang dipunyai.
Selain pengaturan tersebut, cara untuk mengatur pengelolaan kartu kredit BCA juga dapat dilakukan dengan cara lainnya untuk diikuti. Pengaturan dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi myBCA. 

Cara pengaturan pengelolaan kartu kredit yang dapat digunakan secara bijak juga dapat dilakukan lewat menghubungi Halo BCA yang ada di nomor 1500888 yang dapat dilakukan juga dari aplikasi HaloBCA dengan keunggulannya tidak perlu menggunakan pulsa tetapi cukup dengan kuota internet untuk pengaturan dengan langkah di atas.

1 komentar untuk "Cara Pengelolaan Kartu Kredit Agar Tidak Membebani Keuangan"

  1. penggunaan kartu kredit kudu bener bener bijak, aku sendiri ga terus-terusan menggunakan kartu kredit. Kalaupun keluar rumah, diusahakan ga pernah menyimpan di dompet kalau ga ada keperluan tertentu, biasanya memang aku tinggal dirumah

    BalasHapus