Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Yang Menyebabkan Beragam Jenis Penyakit

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan




Setiap hal mempunyai plus dan minusnya sendiri sehingga bisa diperhatikan terlebih dahulu dari keuntungan dan kerugian yang disebabkan. Merokok merupakan kegiatan yang bagi orang yang mempunyai kebiasaan tersebut dapat membantu untuk melepaskan stress yang dirasakan. 

Merokok memang merupakan kegiatan yang membutuhkan menarik nafas dan menghembuskannya dengan teratur sehingga dapat membuat lebih rileks. Akan tetapi selain manfaat tersebut, bahaya rokok bagi kesehatan juga perlu untuk diperhatikan. Di mana ada banyak sekali jenis penyakit yang bisa diderita oleh perokok seperti berikut ini.

Penyakit Jantung

Di bungkus rokok sudah menyediakan keterangan dari banyak sekali bahaya yang bisa ditimbulkan karena kebiasaan merokok. Jenis penyakit pertama yang bisa diderita oleh perokok adalah jantung yang merupakan jenis penyakit kritis. 

Jantung koroner merupakan penyakit yang disebabkan karena kekurangan oksigen yang terjadi. Hal tersebut karena kerusakan yang terjadi di pembuluh darah jantung yang disebabkan salah satunya adalah karena kebiasaan merokok. 

Bagi yang merokok dapat mengalami penyumbatan aliran darah yang ada di jantung, sehingga membuat resiko mengalami penyakit jantung menjadi meningkat karena bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah.

Penyakit Paru-Paru

Penyakit selanjutnya yang bisa dialami oleh perokok adalah yang menyerang paru-paru. Perokok menyebabkan penyakit yang menyerang organ tersebut yang akan sangat terdampak dari asap dan juga zat yang ada di dalam rokok. 

Ada banyak penyakit yang bisa menyerang paru-paru bagi yang mempunyai kebiasaan merokok diantaranya adalah tiga kondisi penyakit seperti berikut ini:

  • Bahaya rokok bagi kesehatan paru-paru yang pertama adalah dapat mengalami PPOK atau penyakit paru obstruktif kronik. 
PPOK merupakan kondisi yang terjadi ketika perokok mempunyai kantong udara yang dipunyai di paru-paru mengalami kerusakan. Dinding membatasi kantong udara bisa menjadi rusak karena kantung udara menjadi lebih besar sehingga membuat udara yang diterima akan berkurang. Hal tersebut bisa membuat proses pertukaran oksigen dan karbondioksida menjadi terganggu yang bisa merambat ke organ lainnya menjadi rusak apabila tidak ditangani dengan tepat.
  • Penyakit yang bisa menyerang paru-paru bagi perokok adalah pneumonia yang disebabkan oleh peradangan infeksi yang terjadi. 
Bagi perokok dapat membuat jaringan pada paru-paru mengalami infeksi yang bisa untuk menurunkan imunitas tubuh dan membuat kesehatan menjadi menurun.
  • Penyakit perokok yang menyerang paru-paru juga bisa mengalami sindrom gangguan pernafasan akut atau ARD.
ARD bisa menyebabkan sesak nafas yang disebabkan oleh kantung udara di paru-paru yang mengalami penumpukan cairan, sehingga menyebabkan suplai oksigen berkurang. Apabila tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini akan bisa mengakibatkan hal fatal termasuk juga kematian.

Penyakit Kanker

Jenis penyakit selanjutnya yang bisa dialami oleh perokok adalah kanker utamanya yang bisa untuk menyerang paru-paru. Kanker paru-paru dapat berakibat fatal hingga kematian untuk penderitanya, oleh karena itulah sebaiknya dihindari dengan tidak merokok. 

Bagi yang mempunyai kebiasaan merokok utamanya dalam waktu yang sudah lama, maka bisa menyebabkan resiko kanker paru-paru menjadi lebih tinggi. Selain kanker paru-paru, ada banyak kanker lainnya yang bisa dialami oleh perokok yaitu kanker hidung, kanker mulut, dan juga kanker kerongkongan yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Penyakit Stroke

Bahaya rokok bagi kesehatan lainnya juga bisa mengalami stroke yang merupakan penyakit kardiovaskular yang termasuk ke dalam penyakit kritis yang paling sering diderita di Indonesia. 

Stroke bisa dialami oleh perokok karena kebiasaan tersebut yang dapat merusak pembuluh darah otak, sehingga membuat jumlah oksigen yang dipunyai menjadi berkurang. 

Bagi Kamu yang merokok bisa waspada pada penyakit ini karena mempunyai resiko mengalami stroke yang lebih tinggi dibandingkan bagi yang tidak merokok. Utamanya bagi perokok lama mempunyai resiko lebih tinggi bisa mengalami penyakit stroke dan juga kardivaskular lainnya.

Penyakit kardiovaskular disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar yang bisa dialami oleh perokok. Di mana saat merokok akan membuat banyak bahan berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. 

Hal tersebut membuat kandungan berbahaya yang masuk ke dalam darah dan bisa menyebabkan masalah yang pertama adalah bisa membuat darah menjadi lebih kental.

Selanjutnya juga bisa membuat tekanan darah yang naik dan membuat jantung bekerja lebih keras, dan terakhir adalah membuat arteri bisa menyempit yang membuat jumlah oksigen yang dialirkan ke tubuh menjadi berkurang dan menyebabkan penyakit stroke dan masih banyak lainnya.

Bahaya rokok bagi kesehatan juga bisa menyebabkan jenis penyakit lainnya seperti kerusakan otak, mengalami kanker lambung, kulit yang bermasalah, tulang menjadi lebih rapuh dan lemah, dan juga masih banyak lainnya. 

Bagi yang merokok juga bisa membuat premi asuransi kesehatan yang dibeli dari Allianz akan menjadi meningkat. Bagi yang mempunyai kebiasaan merokok, lindungi diri Kamu dan keluarga dengan menggunakan produk asuransi dari Allianz untuk perlindungan kesehatan dan jiwa yang banyak tersedia.


11 komentar untuk "Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Yang Menyebabkan Beragam Jenis Penyakit"

  1. Emang ngeri banget si bahaya rokok yang seharusnya disadari banyak orang, tapi tetep aja banyak yang gak peduli. Untungnya suami gak ngerokok, jadi bersyukur banget

    BalasHapus
  2. Kaum laki2 perokok sulit sekali disuruh berhenti. Huhu. Padahal sudah tahu rokok ini berbahaya bagi kesehatan. Namun, mereka bilang nggak bisa hidup tanpa rokok, malah jadi lebih sehat. Aduh syulit kalau udah bgini.

    BalasHapus
  3. Suka heran sama perokok, kan, sudah ada peringatannya di.mana-mana bahkan tertulis jelas pada bungkusannya, tapi tetap juga merokok.
    Yah, mau pakai perlindungan apa pun kalau sudah terkena penyakit akibat merokok, tetap saja penyesalan yg akan datang.

    BalasHapus
  4. Masalahnya kak efek buruk rokok gak hanya menimpa si pelaku tapi juga orang sekitarnya. Apalagi balita kak. Hiks saya sudah beberapa kali ketemu anak pneumonia dan TB akibat rokok orang dewasa kak. Kasian banget. Bahkan yang lebih parah lagi ada kenal istri yang kena kanker nasofaring karena suami yang aktif merokok di rumah kak..

    BalasHapus
  5. bahaya rokok memang tidak main-main, terlebih asapnya bagi bayi, anak - anak dan penderita gangguan pernafasan. Harus dijauhkan dari asap rokok. selain prevent seperti itu, punya asuransi Allianz juga perlu ya, memang penyebab sakit atau penyakit bukan hanya karena asap rokok, tapi masih banyak karena hal lain. jadi punya asuransi kesehatan itu perlu

    BalasHapus
  6. Memutus rantai agar anak anak tidak ikutan merokok itu yang susah....semua elemen harus ikut bergandengan mengawal dari sekolah, masyarakat, paling penting pedagang eceran nih....ternyata sepenting itu ya mbak edukasi merokok...semua lapisan harus tahu dan paham dampaknya

    BalasHapus
  7. Kadang suka kesal sama perokok yg nirattitude, sekalipun ada ibu hamil, bayi dan bahkan orang batuk tetap saja ngerokok. Huuh.
    Padahal sudah tahu kan kalau merokok iti tidak sehat.

    BalasHapus
  8. Saya rasa ga ada hal positif yang didapat dari merokok. Apalagi rokok juga berdampak pada isi dompet. Meski beberapa orang merokok untuk melupakan stres, tapi rasanya manfaat tersebut nggak sebanding.

    BalasHapus
  9. Rokok memang udah terbukti berbahaya dan cukainya juga dinaikkan. Tetapi...oh why...kenapa...masih banyak orang merokok. Bahkan aku sering loh menjumpai sekeluarga, di restoran, ayah-ibu santai aja merokok di depan anak-anak mereka. Emang siiih mereka ambil tempat di teras luar...

    BalasHapus
  10. Beruntungnya aku termasuk yang bukan perokok, yang katanya jumlahnya 5%

    BalasHapus
  11. Cuma sayangnya saya sering terpapar para perokok saat sedang berkumpul, dari puluhan orang hanya saya yang gak ngerokok. Tapi berdebat dengan perokok itu capek.

    BalasHapus