Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatur Interior Rumah Kecil, Tetap Nyaman dan Estetik

Tips Mengatur Interior Rumah Kecil
Credit Photo: Freepik


Punya rumah pribadi bisa dibilang merupakan impian hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, harga rumah di Pulau Jawa tiap tahun selalu mengalami kenaikan. Alhasil bagi sebagian orang, membeli rumah di pinggiran kota menjadi solusinya, meskipun jauh dari kantor maupun sekolah anak.

Selain itu juga, impin memiliki rumah pribadi bisa disiasati juga dengan membeli rumah minimalis dengan luasan yang tidak besar. Namun tentu saja kendala datang manakala membeli rumah minimali, karena nantinya akan menimbulkan keterbatasan ruangan di rumah tersebut.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena menata interior rumah kecil bisa menjadi tantangan tersendiri. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa menciptakan trik untuk memaksimalkan ruang di rumah kecil. Tentu saja yang sesuai dengan selera Anda/

Berikut tips dan trik sederhana mengatur interior rumah kecil:

1. Pilih Furnitur Multifungsi

Furnitur lipat dan tersembunyi bisa jadi solusi untuk rumah dengan ukuran minimalis Pilih meja makan lipat, tempat tidur dengan laci penyimpanan, atau sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur. Pastinya hal ini akan sangat membantu Anda dalam menghemat ruang saat furnitur tidak digunakan.

Selain itu juga Anda bisa menggunakan furnitur dengan penyimpanan tambahan seperti meja kopi dengan rak bawah atau kursi yang juga bisa berfungsi sebagai kotak penyimpanan.

Pilih furnitur yang proporsional dengan ukuran ruangan. Hindari furnitur besar dan berat yang dapat membuat ruangan terasa sempit. Jangan lupa untuk menggunakan furnitur dengan kaki terbuka, seperti kursi dan meja dengan kaki ramping. Hal tersebut dapat membantu menciptakan rasa ruang yang lebih terbuka.

2. Gunakan Warna Terang dan Cermin

Menggunakan warna-warna cerah seperti putih, krem, atau pastel dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan terang. Sebisa mungkin Anda hindari warna-warna gelap yang bisa membuat ruangan terasa lebih kecil. Tentunya kita tidak ingin merasa pengap berada di rumah minimali dengan jumlah ruangan terbatas.

Tak kalah menariknya yaitu penempatan cermin besar di dinding untuk menciptakan ilusi agar ruang terasa lebih luas. Cermin juga membantu memantulkan cahaya, membuat ruangan terasa lebih terang. Anda pasti betah berada di dalam rumah, meskipun dengan ukuran yang kecil.

3. Optimalkan Penyimpanan Vertikal

Tentu saja di dalam rumah, Anda membutuhkan tempat penyimpanan seperti rak. Gunakan rak dinding untuk menyimpan buku, peralatan dapur serta peralatan lainnya. Hal ini membantu mengurangi kebutuhan ruang lantai.

Jangan lupa untuk menggantungkan rak atau gantungan di belakang pintu dan juga dinding untuk menyimpan sepatu, tas, atau aksesori lainnya.

4. Fokus pada Pencahayaan

Manfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin dengan tidak menutupi jendela dengan tirai berat. Pilih tirai tipis yang bisa disingkirkan saat cahaya matahari masuk. Pencahayaan yang cukup akan membuat rumah nampak lebih segar dan sehat tentunya.

Jika malam hari tiba dan butuh pencahayaan buatan, gunakan lampu yang tidak memakan banyak tempat, seperti lampu gantung kecil atau lampu dinding. Pilih lampu yang memberikan pencahayaan yang merata di seluruh ruangan.

5. Gunakan Tempat Tidur Tinggi

Tempat tidur yang lebih tinggi merupakan trik mendesain rumah kecil. Hal ini dikarenakan di bawah tempat tidur dapat memberikan ruang ekstra untuk penyimpanan. Ini juga membantu menghemat ruang lantai yang bisa digunakan untuk kegiatan lain.

Jika memungkinkan, buatlah desain terbuka antara area makan, dapur, dan ruang tamu. Ini menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dan memungkinkan aliran yang lebih baik antara area. 

6. Gunakan Barang dengan Bijak

Memilih rumah yang kecil tentu mengajarkan kita untuk hidup minimalis dengan kepemilikan barang yang tidak banyak. Pilih barang maupun aksesoris yang fungsional dan dekoratif tanpa membuat ruangan terasa berantakan. Aksesori seperti bantal, karpet, atau tirai yang sederhana dapat memberikan sentuhan tanpa mengurangi ruang.

7. Atur Barang dengan Teratur

Anda juga mulai untuk belajar hidup rapi dengan memiliki hunian kecil. Gunakan sistem penyimpanan yang teratur untuk barang-barang kecil. Kotak penyimpanan, organizer laci, dan keranjang dapat membantu menjaga barang-barang tetap teratur dan mudah diakses.

Selain itu juga Anda dapat meletakkan furnitur yang menarik, atau elemen dekoratif yang unik agar dapat membantu mengalihkan perhatian dari ukuran ruangan yang kecil.

Demikian tips dan trik sederhana dalam mengatur interior rumah kecil agar Anda dapat memaksimalkan ruang di rumah kecil dan menciptakan lingkungan yang nyaman serta fungsional. Perlu diingat, kunci utama adalah memilih solusi yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhanmu. 

Semoga bermanfaat ya!

Posting Komentar untuk "Tips Mengatur Interior Rumah Kecil, Tetap Nyaman dan Estetik"