Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Syarat Dan Tata Cara Bayar Pajak Motor Di Indomaret

Bayar Pajak Motor Di Indomaret
Credit Photo: Pixabay


Pajak kendaraan adalah sebuah kewajiban yang harus dibayarkan oleh para pemilik kendaraan setiap tahun. Kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor ini sudah diatur dalam Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. 

Tapi sayangnya, tak sedikit pemilik kendaraan roda dua yang enggan membayar pajak tahunan. Alasannya adalah karena belum ada waktu untuk datang ke kantor Samsat dan tidak ingin antri. Kamu ingin bayar pajak motor tapi belum bisa datang ke Samsat dan males antri panjang? 

Tenang, bayar pajak motor di Indomaret bisa menjadi solusi alternatif bagi para pemiliki kendaraan bermotor roda dua yang ingin membayar pajak tanpa perlu antri. Proses pembayarannya mudah dan praktis, asalkan kamu telah memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan. 

Kini, pemilik kendaraan bermotor roda dua bisa membayar pajak motor secara online di lebih 16.000 Indomaret di seluruh Indonesia. Selain itu, pembayaran pajak motor melalui Indomaret juga akan langsung mendapatkan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) secara elektronik (e-TBPKP). 

Dengan begitu, Wajib Pajak tidak perlu ke Samsat Induk untuk mencetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP). 

Merujuk pada Pasal 1 Angka 12 dan 13 UU Nomor 28 Tahun 2009, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. 

PKB adalah Pajak Provinsi dan menjadi bagian dari Pajak Daerah yang pemungutannya dilakukan di Kantor Samsat. Berdasarkan jenisnya, PKB dapat dibayar per 1 tahun atau per 5 tahun.  

Untuk pembayaran PKB per 5 tahun biasanya sekaligus juga melakukan proses perpanjangan STNK sekaligus mengganti TNKB. Yuk, simak uraian di bawah ini untuk mengetahui syarat dan tata cara bayar pajak motor di Indomaret!

1. Syarat Bayar Pajak Motor di Indomaret

Agar proses pembayaran pajak motor di Indomaret dapat berjalan lancar, sebaiknya kamu mempersiapkan semua persyaratannya terlebih dahulu. Penting untuk dicatat bahwa ada beberapa persyaratan bayar pajak motor yang baru dapat disiapkan saat sudah menjalankan proses pembayaran. Berikut ini persyaratannya:
  • Siapkan STNK asli dan fotokopi
  • Siapkan BPKB asli dan fotokopi
  • Siapkan KTP asli pemilik kendaraan dan fotokopi
  • Buat surat kuasa jika prosedur bayar pajak motor diwakilkan kepada pihak ketiga
  • Apabila STNK atas nama perusahaan, maka wajib melampirkan SIUP, NPWP, dan TDP perusahaan
  • Buat surat keterangan buka blokir, jika STNK terblokir
  • Siapkan hasil cek fisik kendaraan
  • Siapkan nomor telepon aktif
2. Tata Cara Bayar Pajak Motor Di Indomaret

Jika persyaratan yang diperlukan sudah lengkap, berikut ini langkah – langkah yang bisa kamu terapkan untuk bayar pajak motor di Indomaret:
  • Kunjungi Indomaret terdekatdari wilayah tempat tinggal kamu. 
  • Hampiri kasir dan sampaikan keperluan kamu untuk membayar pajak kendaraan motor yang dimiliki.
  • Berikan seluruh berkas persyaratan yang sebelumnya telah kamu siapkan kepada petugas kasir Indomaret. 
  • Selanjutnya, petugas kasir Indomaret akan memberikan informasi mengenai tagihan pajak yang harus kamu bayar. 
  • Setelah itu, pilih metode pembayaran (tunai atau non-tunai). Kemudian, akan muncul notifikasi di ponsel yang berisi Electronic Registration and Identification (ERI) dari pihak kepolisian. 
  • Lalu klik tautan yang diberikan dan bukti pelunasan pembayaran pajak motor akan tercantum dalam tautan tersebut. 
  • Jangan lupa, simpan bukti pembayaran tersebut untuk di kemudian hari mengambil bukti asli pembayaran pajak di Kantor SAMSAT. 

Semoga bermanfaat

10 komentar untuk " Begini Syarat Dan Tata Cara Bayar Pajak Motor Di Indomaret"

  1. wah diingetin.... pajak motorku bentar lagi abessssss....btw sebelah rumahku juga ada indomaret waa bisa bayar gampang di indomaret yaa

    BalasHapus
  2. ini yang bayar pajak motor lima tahun sekali sekaligus ganti plat nomor atau yang stnk itu mbak, wkwkwk masih baru pakai motor, aku biasanya yang tahunan cuma ke drive thru, jadi langsung dapat lembaran stnk baru itu

    BalasHapus
  3. Selama ini biasanya bayar pajak motor datang ke samsat, next time bisa coba dengan cara bayar di indomaret saja nih tanpa harus antri berjam² jadi lebih praktis.

    BalasHapus
  4. Akutuh mau bayar pajak motor di Indomaret tuh ragu. Apakah bisa langsung dapat TBPKP atau nggak. Kalau nggak kan kita masih kudu ke Samsat juga buat ambilnya. Ternyata udah langsung dapat ya. Enak deh. Nggak perlu jauh-jauh ke Samsat lagi dah aku buat bayar pajak.

    BalasHapus
  5. Wah, baru tahu kalau bisa bayar pajak motor di Indomaret. Ini inovasi yang bagus sekali. Semoga layanan seperti ini terus dikembangkan agar masyarakat semakin mudah mengurus administrasi kendaraannya.

    BalasHapus
  6. Makin mudah ya bayar pajak motor, jadi gak perlu jauh-jauh ke Samsat. Dulu aku harus ke Jakarta padahal rumah udah pindah ke Bogor, hehe. Solusi keren ini sih, jadi gak ada alasan telat-telat bayar pajak, bisa bayar sambil belanja keperluan rumah di Indomaret

    BalasHapus
  7. Bayar pajak motor di Indomaret, tapi tetap harus ambil bukti pembayaran pajaknya di Samsat ya. Sebenarnya memudahkan, karena Indomaret ada di mana-mana, cuma kalo harus ambil bukti bayar pajaknya di Samsat, jadinya mager banget deh. Pengennya yang langsung sat set gitu

    BalasHapus
  8. Ternyata bisa juga yah kak bayar pajak motor di Indomaret..lha aku baru tahu lho...ini memudahkan banget sih, gak pake antri2 juga yah, wah next aku juga mau bayar lewat Indomaret aja nih, thanks infonya kak

    BalasHapus
  9. Waahh ..enak ya,bayar pajak motor juga bisa via Indomaret. Jadi ada alternatif pilihan pembayaran deh selain ke Bank, ATM atau ke kantor polisi.

    BalasHapus
  10. Kayak kakakku bayar Pajak melalui Indomaret jadi ga ribet harus ke kantor Pajak. Tapi suamiku tetap kekantor Pajak hahaha

    BalasHapus