Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Akun Prakerja, Solusi Untuk Tingkatkan Skill



Saat ini sedang marak dibahas mengenai sulitnya mencari kerja pada sebagian masyarakat kita. Namun sebenarnya lapangan kerja itu masih sangat banyak, hanya saja perusahaan memang benar-benar membutuhkan tenaga kerja dengan skill yang mumpuni.

Saya sering mendapatkan curhatan dari teman yang sama-sama bekerja, kalau saat ini banyak karyawan yang etos kerjanya tidak seperti dulu namun saat ini kebutuhan akan skill baru sangat tinggi. Sementara keinginan untuk mempelajari skill baru mungkin masih belum terealiasi karena banyak masyarakat yang awam dimana mempelajarinya.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin merekomendasikan kepada kalian situs Prakerja sebagai platform untuk bisa meng-upgrade skill. Sebenarnya Prakerja sendiri sudah hadir menemani kita yang ingin upgrade skill dan kompetensi dari tahun 2020.

Masih ingat kan ketika pandemi terjadi di tahun 2020, nah pada saat yang sama Prakerja diluncurkan oleh Pemerintah Indonesia. Program Kartu Prakerja lahir melalui Perpres no. 36   Tahun   2020.

Bahkan hanya selang waktu satu hari setelah kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diumumkan saat pandemi, gelombang pertama dibuka 11 April 2020 dan sanggup menyerap 168 ribu penerima. Sungguh pencapaian yang luar biasa.

Prakerja menyediakan beasiswa pelatihan, informasi yang lengkap bagaimana cara melakukan pendaftaran program dan pelatihan, serta pilihan waktu yang sesuai dengan kebutuhan para peserta.

Prakerja tidak hanya dikhususkan bagi para pencari kerja saja. Kalian yang sudah bekerja namun ingin menambah skill baru, sangat disarankan untuk bergabung di Prakerja. Bahkan ibu rumah tangga dan para pelaku usaha juga bisa mengikuti pelatihan Prakerja agar makin berdaya dan memiliki perencanaan matang dalam mengembangkan bisnisnya.

Seluruh Warga Negara Indonesia yang berusia 18 sampai 64 tahun bisa bergabung dan mendaftarkan diri di Prakerja. Diharapkan ketika sudah mengambil pelatihan di Prakerja, masyarakat usia produktif bisa beradaptasi dengan perubahan dunia kerja. 

Dari tahun 2020 hingga saat ini, Prakerja telah memberikan akses peningkatan kompetensi dan penambahan skill baru kepada lebih dari 18,9 juta orang penerima. Bahkan selama kurun waktu 2020 sampai 2022, Prakerja menjadi bagian Program Pemulihan Ekonomi Nasional akibat pandemi  COVID-19. 

Saat pandemi mulai berakhir di Indonesia, mulai tahun 2023 Prakerja diimplementasikan dengan skema normal. Skema nasional mengatur agar setiap peserta memperoleh manfaat berupa beasiswa pelatihan sebesar Rp3,5 juta yang bisa dimanfaatkan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang tersedia di ekosistem Prakerja.

Buat Akun Prakerja, Siapkan Diri Dari Tantangan Dunia Kerja

Cara buat Akun Prakerja sendiri sangatlah mudah, yaitu kalian tinggal mengunjungi situs https://www.prakerja.go.id/ lalu mulai membuat akun. Kalian bisa mulai memasukkan data diri dan melakukan proses verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) agar bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah akun Prakerja terverifikasi, kalian sudah bisa memilih berbagai pelatihan yang sekiranya cocok dengan bakat dan minat. Pelatihan akan berlangsung selama beberapa kali pertemuan dan ketika dinyatakan lulus, kalian akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat inilah yang bisa digunakan untuk melamar kerja bagi yang sedang mencari pekerjaan.

Adapun kriteria seleksi penerima manfaat Prakerja meliputi:
  1. Warga Negara Indonesia berusia antara 18 sampai 64 tahun.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan atau sedang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.
  4. Bukan Pejabat Negara, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI/Polri, Kepala Desa, atau Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN/BUMD
  5. Maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam 1 KK (Kepala Keluarga) yang bisa menjadi Penerima Kartu Prakerja.
Pembukaan akun Prakerja terbuka untuk umum tanpa memandang latar belakang pekerjaan, termasuk mahasiswa juga bisa mendaftar.

Ada banyak sekali manfaat program Prakerja apabila kalian bergabung menjadi anggotanya, antara lain:
  • Meningkatkan skill dan kompetensi
  • Lebih siap dalam memasuki dunia kerja
  • Mengetahui informasi tentang pelatihan terbaru yang sedang diselenggarakan
Program Kartu Prakerja merupakan program Pemerintah yang patut kita apresiasi karena keberhasilannya dalam mendukung masyarakat Indonesia yang berada di usia produktif untuk meningkatkan skill serta menambah kompetensi agar siap bersaing di dunia kerja.

Pelatihan gratis dari Prakerja dengan beasiswa pelatihan sebesar Rp. 3,5 juta yang dapat digunakan untuk mengikuti berbagai pelatihan dalam upaya upgrade skill, merupakan kesempatan berharga yang sayang sekali untuk dilewatkan.

4 tahun Prakerja hadir di Indonesia, mendorong produktivitas angkata kerja Indonesia agar makin cakap dalam segala kompetensi sesuai minat.

Posting Komentar untuk "Buat Akun Prakerja, Solusi Untuk Tingkatkan Skill"